Situs media sosial #Facebook
adalah salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan untuk
kegiatan berbisnis online, bahkan situs ini menjadi salah satu media
promosi yang sangat efektif bagi internet marketer. Belakangan ini topik
tentang cara mendapatkan uang dari Facebook menjadi sebuah topik yang
banyak sekali dibicarakan para pengguna internet. Beberapa dari antara
kita mungkin masih bingung, masa sih dari Facebook bisa
menghasilkan uang? Apa benar Facebook memberikan uang kepada para
user-nya?
Jika selama ini Anda berpikir bahwa
Facebook sendiri yang memberikan uang kepada para user mereka, maka Anda
sudah keliru. Yang dimaksud dengan menghasilkan uang dari Facebook
adalah menggunakan situs media sosial ini untuk berbisnis. Jadi, bukan
Facebook-nya yang memberikan uang, tapi kita bisa memanfaatkan Facebook
untuk membangun sebuah bisnis yang akhirnya bisa menghasilkan uang.
Sampai di sini para pemula pasti masih bingung, caranya bagaimana?
Anda yang sudah lama terjun di #internet marketing
pasti akan bosan membaca artikel ini. Tapi bila Anda bukan dari
kalangan internet marketer atau Anda masih baru belajar membangun sebuah
bisnis online, silahkan baca terus artikel ini. Mungkin Anda akan
mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.
Sepanjang pengalaman saya selama menjadi
internet marketer dan menggunakan Facebook sebagai media pemasaran,
setidaknya ada 2 cara memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan
keuntungan. Sebenarnya saya tidak bisa dibilang ahli pada kedua hal
tersebut, tapi saya melihat dan belajar bahwa Facebook itu adalah media
yang sangat efektif untuk pemasaran online dan menghasilkan uang.
Berikut ini Saya jelaskan mengenai 2 cara mendapatkan uang dari Facebook
yang sering dilakukan oleh internet marketer.
Artikel lain: Empat Pertanyaan Mendasar Sebelum Promosi di Facebook
1. Mendapatkan Uang dari Facebook Dengan Menjual Produk
Apakah Anda punya bisnis offline tapi
bingung mencari tempat yang strategis untuk memasarkan produk-produk
Anda? Punya toko online tapi minim visitor dan jarang terjadi penjualan?
Apakah saat ini Anda tidak punya bisnis, tapi punya semangat ingin
membangun usaha dengan modal minim? Jika salah satu diantaranya adalah
masalah Anda, maka sudah saatnya untuk mencoba memanfaatkan media sosial
dengan lebih baik dari sebelumnya.
1.A. Pemasaran Produk Fisik
Anda pasti pernah melihat gambar-gambar
produk fisik ataupun link menuju website toko online bertebaran di
Facebook. Diantara gambar dan links tersebut pasti sering Anda temukan
di timeline teman Facebook Anda atau di halaman Fans Page sebuah brand
bisnis. Sebut saja produk-produk tersebut misalnya; busana muslim, buku,
kosmetik, sofa, dan lain-lain.
Mereka menjual produk-produk tersebut
secara online via Facebook. Kenapa Facebook? Karena media sosial yang
satu ini penggunanya sangat banyak dan tingkat aktivitas para
penggunanya juga sangat tinggi. Anda paham kan, di dalam dunia bisnis di
mana ada keramaian maka di situ Anda bisa menghasilkan uang banyak.
Jadi, Anda tidak perlu heran lagi bagaimana cara mendapatkan uang dari
Facebook, tentu saja dengan menjual sesuatu di sana.
1.B. Pemasaran Produk Digital
Selain produk fisik, kita juga pasti
sering melihat produk-produk digital dijual atau dipasarkan di Facebook.
Produk digital ini bisa berupa eBook, membership online, video, lagu,
dan lainnya. Cara pemasaran produk digital bisa berupa image produk dan
link menuju halaman sales page, biasanya dipasarkan oleh para internet
marketer profesional ataupun sebuah brand bisnis.
Produk digital ini bisa juga diberikan
secara gratis kepada para pengguna Facebook, cukup dengan memasukkan
nama dan alamat email mereka maka eBook akan dikirimkan ke email. Dengan
cara ini para Facebook marketer akan mendapatkan data para pengguna
Facebook (nama dan email), data inilah yang nantinya akan dimanfaatkan
untuk menjual produk digital lainnya. Proses seperti ini biasanya
tujuannya tidak langsung menjual, tapi membangun list email customer
sesuai dengan minat, mengedukasi customer tersebut, memberikan informasi
penting, sampai pada akhirnya customer ‘dirayu’
terus-menerus untuk membeli sesuatu. Dan, tentu saja tujuan akhirnya
adalah menghasilkan uang yang lebih besar.
Artikel lain: Cara Menggunakan Facebook untuk Pengembangan Bisnis
2. Mendapatkan Uang dari Facebook Dengan Menjual Jasa
Biasanya para pebisnis online
memanfaatkan fans page sebagai media pemasaran di Facebook. Dan
ternyata tidak semua pemilik Fans Page Facebook bisa memanfaatkan
halaman fans page mereka dengan maksimal. Seperti yang kita ketahui,
pemilik fans page bisa memasang iklan di Facebook (FB Ads) untuk
menjangkau lebih banyak orang di Facebook. Namun, kurangnya pengetahuan
tentang cara meningkatkan fans base dan strategi beriklan di Facebook
seringkali membuat para pebisnis tidak bisa memaksimalkan Facebook. Dan
ini memberikan peluang bisnis tersendiri bagi mereka yang punya keahlian
khusus di bidang Facebook marketing.
2.A. Jasa Menambah Fans Base (Likes)
Beberapa orang memang memiliki keahlian dalam pemasaran via Facebook, khususnya untuk menambah like fans page.
Tentunya ini membutuhkan strategi khusus dan tools mumpuni yang tidak
dimiliki oleh semua orang. Terus terang saya belum pernah menjual jasa
seperti ini dan tidak tahu persis bagaimana strategi mereka
melakukannya, tapi saat ini saya menemukan cukup banyak teman-teman yang
menjual jasa menambah likes Facebook.
Biaya untuk jasa menambah likes Fans
Page Facebook berkisar antara Rp 350.000 – Rp 6 juta lebih, tergantung
jumlah likers yang diinginkan dan juga target likers yang diinginkan
oleh si pembeli jasa. Uniknya, para penyedia jasa ini meng-klaim bahwa
mereka juga bisa menarget fans baru dengan minat yang sesuai dengan
topik bisnis Anda, hebat ya.
2.B. Jasa Mengelola Fans Page Bisnis
Biasanya para pebisnis lebih fokus pada
operasional bisnis mereka. Walaupun sebuah brand bisnis sudah berada di
Facebook, bukan berarti hal itu sudah cukup. Pemasaran bisnis di media
sosial harus dilakukan dengan baik dan secara berkesinambungan. Dengan
kata lain, pengelolaan Fans Page Bisnis memang membutuhkan perhatian
khusus dari mereka yang punya keahlian di bidangnya.
Menurut beberapa kenalan saya yang
pernah menjadi pengelola Fans Page sebuah brand Bisnis di Facebook, fee
untuk mengelola fans page tersebut berkisar antara Rp 2 juta – Rp 5 juta
per bulan per fans page. Tugas pengelola fans page tersebut adalah
memposting atau mengupdate berita/ informasi yang berhubungan dengan
sebuah brand bisnis di halaman fans page, mempromosikan fans page
tersebut ke pengguna Facebook yang lain, dan mengelola komentar dari
fans yang masuk. Walaupun jasa ini terkesan mudah, pada kenyataannya
kita harus memiliki keahlian di bidang komunikasi dan pemasaran online.
2.C. Jasa Pemasangan Iklan di Facebook
Percaya atau tidak, jasa pemasangan
iklan di Facebook sudah menjadi salah satu bisnis yang mulai banyak
dilakoni oleh para pengguna Facebook. Seperti yang saya sebutkan
sebelumnya, tidak semua orang mengerti dan bisa memasang iklan di
Facebook. Orang yang bisa beriklan di Facebook adalah mereka yang
memiliki kriteria tertentu, yaitu bisa membayar iklan dengan metode
pembayaran yang telah ditentukan oleh pihak Facebook.
Beberapa metode pembayaran Facebook Ads
diantaranya; Paypal, Credit Card (recommended), dan Neteller. Dari
ketiga metode pembayaran tersebut, pembayaran iklan via Credit Card
adalah yang saya gunakan. Terus terang saya kurang tahu mengenai
standard biaya untuk jasa pemasangan iklan di Facebook ini. Tapi
beberapa orang yang pernah menggunakan jasa saya membayar Rp 300.000
untuk biaya pemasangan iklan, dimana besar budget iklan mereka adalah Rp
1 juta selama 7 hari. Jadi, mereka membayar sebesar Rp 1,3 juta ke saya
(Rp 1 juta untuk budget iklan, dan Rp 300 ribu untuk jasa). Ingin
mendapatkan uang dari Facebook dengan cara ini? Anda harus memenuhi
persyaratan terlebih dahulu.
Selain yang saya sebutkan di atas,
mungkin saja masih ada metode lain yang pernah dilakukan orang untuk
mendapatkan uang dari Facebook. Poin penting yang ingin saya sampaikan
di dalam artikel ini adalah media sosial Facebook memang sangat efektif
untuk melakukan pemasaran. Apapun tujuan pemasaran Anda di Facebook,
baik itu untuk penjualan produk, branding bisnis, membangun data base
customer, atau yang lainnya, pastikan Anda melakukannya dengan baik.
Jangan pernah melakukan cara-cara tidak etis dan mengganggu orang lain,
misalnya SPAM, karena hal-hal semacam ini akan merusak bisnis Anda
sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.
No comments:
Post a Comment