SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Tuesday, April 5, 2016

Cara Merawat hewan peliharaan mendatangkan banyak manfaat untuk si kecil lho!

Merawat binatang peliharaan dapat jadi alternatif mengajarkan di kecil bertanggung jawab sejak usia dini.

  • Banyak orang tua yang merasa ragu memelihara hewan peliharaan pada saat ada anak kecil di sekitar mereka. Selain alasan penyakit, mereka juga takut hewan peliharaan dapat melukai anak dan begitu pula sebaliknya. Padahal, penelitian oleh University of Warwick menyebutkan bahwaanak kecil berada pada lingkungan keluarga pemelihara binatang anjing, kucing, ikan, dan burung justru lebih jarang terkena sakit dibandingkan yang tidak memelihara.
    Tetapi yang paling penting sebelum memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan adalah memeriksa kondisi lingkungan, kesehatan, serta kebersihan hewan peliharaan dan jenis hewan seperti apa yang cocok dan aman bagi buah hati Anda. Banyak manfaat yang Anda dan si buah hati dapatkan dengan memelihara hewan peliharaan. Berikut beberapa di antaranya.
  • Menumbuhkan rasa kasih sayang

    Memelihara hewan peliharaan dapat menumbuhkan kedekatan emosional antara si kecil dengan hewan peliharaannya. Dengan merawat hewan peliharaan, mereka akan mengerti pola hidup hewan tersebut dan belajar untuk menyayanginya. Akan timbul perasaan dekat dan rasa kehilangan apabila hewan kesayangannya sakit, hilang bahkan mati. Tingkah lucu hewan peliharaan tersebut juga dapat menemani dan menghibur si kecil setiap hari. Tidak jarang banyak anak-anak kecil memberikan panggilan khusus terhadap peliharaan kesayangannya tersebut.
  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab

    Dengan memelihara hewan peliharaan si kecil akan belajar bertanggung jawab lewat merawat, memberinya makan, membantu membersihkan kandangnya dan mengajaknya bermain. Ketika hewan peliharaannya jatuh sakit, ia akan ikut merasa sedih dan akan berusaha merawatnnya dengan sabar supaya hewan peliharaannya tersebut dapat sehat kembali.
  • Membuat anak lebih aktif

    Dengan mengajak bermain hewan peliharaannya si kecil akan memiliki banyak aktifitas dan bergerak lebih aktif untuk menjaga kebersihan dengan membantu membersihkan tempat tinggal hewan peliharaannya. Aktifitas seperti ini dapat menjauhkan anak dari kegiatan-kegiatan yang pasif seperti bermain game, gadget dan menonton tv.
  • Lebih senang menghabiskan waktu bersama keluarga

    Si kecil akan lebih betah berada di rumah dan menghabiskan waktu bersama hewan peliharaannya. Tentu hal ini juga membawa dampak positif bagi kedekatan si kecil dengan orangtua. Komunikasi antar keluarga akan berjalan lebih baik.
  • Mengurangi Resiko Alergi

    Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Clinical & Experimental Alergi
    c,alergi anak dapat berkurang jika mereka hidup dengan hewan peliharaan sejak masih bayi. Penyebabnya bisa jadi karena sistem imun si anak semakin menguat akibat sering terpapar dengan kehadiran hewan peliharaan.
    Tahukah Anda, memelihara hewan peliharaan adalah sebuah aktifitas yang dapat menghilangkan stress. Tidak hanya bagi anak-anak, orang dewasa pun disarankan memiliki hewan peliharaan. Tingkah laku hewan dan kesetiaannya kepada majikan dipercaya dapat membangkitkan semangat seserang dalam menjalani harinya. Namun penting memilih hewan peliharaan yang cocok bagi Anda dan lingkungan Anda. Yang terpenting sayangilah selalu hewan peliharaan dan perhatikan juga pola makan serta kesehatannya, dengan begitu, si hewan peliharaan pun akan berbalik menyayangi dan melindungi Anda sekeluarga.

No comments:

Post a Comment