SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Tuesday, June 14, 2016

Manfaat dan Keunggulan Penggunaan Pupuk Organik

Sekarang ini bayak sekali petani idonesia yang beralih menggunakan pupuk organic dari pada pupuk sintetis. Selain karena mudah didapat dan sangat simple pembuatanya tetapi juga karena manfaat/khasiat dari pupuk organic yang lebih menjanjikan dari pada pupuk sintetis/kimia. Selain itu pupuk organic, tidak akan memberikan dampak negative baik pada ekosistem sawah maupun air sekitar sawah dalam penggunaannya meskipun dalam jangka waktu yang lama. 
Banyak petani yang telah membuktikan manfaat dari penggunaan pupuk organic. Mereka mengatakan bahwa hasil panen mereka menignkat dengan drastis, mutu panen pun juga berkualitas, selain itu keadaan tanah dan ekosistem tetap terjaga dan subur makmur”. 
Pupuk organik bisa dibilang sudah menjadi primadona petani Indonesia saat ini. Apalagi sekarang sudah banyak perusaahan-perusahaan herbal yang telah memperoudk si pupuk satu ini dengan bentuk dan kemasan yang sanagt menarik, simple dalam penggunaanya, dan harganya cukup terjangkau. Selain mengugnanak pupuk organik buatan pabrik anda juga dapat membuat pupuk organic sendiri, bisa dari kotoran ternak seperti sapi, ayam, kambing, kerbau, kelinci, dll. Atau mengunakna dedaunan seperti sisa-sisa sayuran.
kompos

APA itu PUPUK ORGANIK...?
Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak bahan organik daripada kadar haranya. contoh pupuk organic yaitu seperti pupuk kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri (yang menggunakan bahan pertanian/organik), dan limbah kota (sampah).

Sejarah Indonesia tentang kebutuhan Pupuk

Sebelum masa kemerdekaan Indonesia, para petani sangat senang menggunakan pupuk organik dalam melakukan budidaya pertanian dibandingkan dengan pupuk Anorganik (Kimia).

Namun fakta menjadi terbalik ketika pada tahun 1960-an petani  mulai banyak menggunakan bahan kimia dalam melakukan budidaya petanian, yang lebih mengkhawatirkan  lagi peran dari pupuk organik menjadi dianggap tidak ada peran dalam budidaya pertanian sehingga banyak petani yang mengabaikannya.

Produksi pupuk Kimia pun dari waktu kewaktu semakin berkembang sangat pesat, sehingga bila di hitung secara harga, maka pupuk anorganik (kimia) menjadi sangat lebih murah dibandingkan dengan pupuk organik.

Dan didukung dengan di temukannya banyak varietas-varietas unggul yang dari berbagai penelitian lebih banyak yang cocok dan baik bila menggunakan pupuk anorganik (kimia). Sehingga mengakibatkan banyak kenyataanya ditemukan lahan pertanian yang terdegradasi, sehingga mengakibatkan merosotnya kadar dari bahan organik dari lahan pertanian.

Solusi Atasi Kemunduran Bahan Organik di Lahan Pertanian

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Pertanian, menunjukkan data yang sangat mengerikan terhadap lahan pertanian indoneis, yaitu tentang banyak lahan pertanian dinegara Indonesia yang memiliki kadar bahan organok kurang dari 1 %. Sedangkan dari berbagai pengalaman dan penelitian para ahli menyatakan kadar bahan organik yang tinggi dalam tanah akan sangat membantu memaksimalkan hasil yang didapat pelaku usaha (petani).

Permasalah pada lahan pertanian seperti ini akan terus terjadi apabila tidak segera diatasi. Fakta di kemukanan oleh banyak para ahli  yang menyatakan bahwa lahan pertanian sebenarnya membutuhkan pupuk organik sebagai sumber pupuk dan zat hara, bukan dari pupuk buatan atau pupuk kimia. Pupuk Organik juga sangat bermanfaat sebagai soil ameliorant atau memperbaiki kualitas dari tanah sebagai lahan pertanian.


Mengapa Pupuk Oraganik …?
Kelebihan pupuk organic dari pada pupuk sintetik atau Kimis :
  1. Harga pupuk organic yang terjangkau/murah dan mudah dibuat sendiri.
  2. Pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap dibanding pupuk anorganik.
  3. Pupuk organik dapat menjaga kelangsungan hidup mikroorganisme dalam tanah yang bereran penting terhadapa kesuburna tanah.
  4. Pupuk organik berperan sebagai memobilisasi unsure hara dalam tanah, sehingga hara dalam tanah mampu memebrntuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.
  5. Pupuk organic dapat membantu dalam pelepasan unsure hara dalam tanah secara perlahan dan continue, sehingga membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai unsure hara tanah yang dapat membut tanaman menjadi keracunan.
  6. Pupuk organik berkhasiat untuk menjaga kelembaban tanah  dan mengurangi tekanan pada akar-akar tanaman
  7. Pupuk organik dapat meningkatkan kualitas struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang ada didalam tanah menjadi lebih stabil dan cenderung meningkat.Ini sanat penting karena Struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel udara dalam tanah, aktifitas mikroorganisme menguntungkan, pertumbuhan akar, dan kecambah biji.
  8. Pupuk organik dapat mencehar terjadinya erosi lapisan atas tanah dimana pada laisan ini merupakan lapisan yang mengadung unsure hanra paling banyak.
  9. Pengunaan pupuk organic dapat mengembalikan kesuburan tanah yang telah hilang akibat pengunana pupuk kimia.
  10. Keberadaan pupuk organik yang tersedia secara melimpah dan mudah didapatkan.
  11. Kualitas tanaman yang menggunakan pupuk organik akan lebih berkulitas dan bermutu dari pada tanaman yang mengunakn pupuk kimia, lebih
  12. Untuk kesehatan manusia
  13.  tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dan lebih banyak.

Bagaimana setelah mengetahiur manfaat dari pupuk organic diatas. Masihkah anda ingin menggunakn pupuk kimia. Meskipun pada penggunaan pupuk kima memang menjanjikan dan memberikan hasil yang sangat memuaskan, namun pada pengunaan jangka panjangnya pupuk organic akann memberikan efek negative pada ekosistem sawah, baik pada keadaan tanah maupun pada hewan-hewan yang hidup di sekitar sawah. Pupuk oragnik adalah solusi terbaik utnuk pertanian Indonesia. Tapi kita harus tetap teliti dalam memilih pupuk untuk tanamn kita. Ini sangat penting karena tak semua perusahaan yang memproduksi pupuk organic 100% produknya menggunankan bahan-bahan organic alami. Jadi kita harus tetpa teliti dan pilih-pilih dalam mengunank pupuk. Mutu dan kulitas tanamn kita ditentukan dengan usaha dan tekat kita.
 Demikian artikel diatas tetntang manfaat pupuk organic. Semoga bermanfaat bagi anda  dan selamat mencoba

No comments:

Post a Comment