SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Monday, February 29, 2016

Adakah pengobatan untuk sakit jantung?

Banyak orang menderita sakit jantung tanpa menyadarinya. Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan karena itu janganlah menunggu sampai Anda sakit.


  • Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS memperkirakan ada 5,1 juta orang Amerika yang menderita gagal jantung dan hampir setengahnya meninggal 5 tahun sesudah didiagnosa. Seperti penyakit jantung lainnya, tidak ada obat bagi gagal jantung, walau penyakit ini mudah diramalkan, dideteksi dan dikendalikan. "Kerusakan jantung dapat dicegah dan kadang-kadang bahkan disembuhkan, tetapi kebanyakan pasien tidak bisa sembuh. Pencegahan dan pengendalian merupakan kuncinya," ikar Dr. Ali Rahimi, MD, Direktur Medis Klinik Gagal Jantung.
  • Apa itu gagal jantung?

    Gagal jantung adalah kondisi kronis ketika jantung tidak bisa memompa darah secukupnya ke seluruh tubuh. Ini akibat rusaknya otot jantung, seringnya dari tersumbatnya urat nadi jantung, serangan jantung, darah tinggi, berat badan berlebihan, dan usia tua.
    "Sistem sirkulasi darah memilki proses yang canggih," kata Dr. Rahimi. Setiap orang memiliki kurang lebih 5 liter darah dalam tubuhnya. Darah mengedarkan oksigen, nutrisi, gula darah, elektrolit dan banyak lagi lainnya ke seluruh tubuh. Ini memungkinkan organ-organ tubuh Anda untuk melakukan fungsinya. Proses ini berjalan sekitar 75 X semenit.
    Menurut Dr. Rahimi, bila sesuatu, seperti gagal jantung, mencegah berlangsungnya semua ini, organ-organ tubuh yang penting kehilangan nutrisi yang dibutuhkannya.
  • Gejala

    Kaki bengkak, sesak napas, tidak mampu berjalan walau jaraknya hanya dekat, rasa sakit di dada atau punggung, semua ini merupakan gejala penyakit jantung. Bila Anda mengalami salah satu gejala ini pergilah ke dokter untuk diteliti lebih lanjut apakah Anda mengalami sakit jantung.
  • Pengobatan dan teknologi

    Ada beberapa pilihan pengobatan bagi penderita gagal jantung, termasuk beta blockers dan bahkan cangkok jantung.
  • 1. Heart stent

    tube kecil yang ditanamkan ke pembuluh utama yang tersumbat oleh plak supaya pembuluh itu tetap terbuka. Tindakan permanen ini memungkinkan darah mengalir dengan leluasa di jantung.
  • 2. Ace inhibitor dan beta blocker

    2 obat yang dapat membantu gagal jantung dan darah tinggi. Ace inhibitor berfungsi memperbesar urat nadi supaya darah dapat mengalir lebih banyak. Beta blocker gunanya untuk memperlambat detak jantung sehingga jantung tidak banyak membutuhkan oksigen. Pasien mungkin diberi salah satu obat atau ada juga yang sekaligus memakai keduanya.
  • 3. Operasi bypass jantung

    prosedur di mana jantung dibedah untuk membuat jalan pintas supaya darah dapat mengalir lagi. Urat-urat nadi dibuat dengan memakai urat nadi dari bagian lain tubuh (biasanya diambil dari dada, lengan atau kaki) dan menyambungnya dengan urat nadi jantung sehingga darah dapat mengalir melalui jalan pintas buatan itu.
  • 4. Pacemaker

    alat ini disisipkan pada dada atau perut. Dengan mengirim sinyal elektrik yang halus, alat ini memanipulasi otot jantung sehingga berkontraksi dan mengatur denyut jantung.
  • 5. Teknologi baru

    Sebuah alat baru telah disetujui oleh FDA (badan yang mengatur makanan dan obat-obatan di AS). CardioMEMS HF adalah alat kecil yang ditanamkan di arteri yang memungkinkan dokter yang merawat pasien gagal jantung untuk mengetahui apa yang akan terjadi. Dengan sensor halus alat ini memonitor tekanan pada arteri untuk mengetahui apakah darah mengalir dengan baik, kemudian mengirimkan sinyal kepada dokter. Dengan demikian jika ada masalah dokter dapat cepat mengatasinya. Alat ini sekecil jepit kertas dan tidak memakai baterai atau kawat penyalur.
    Banyak orang menderita sakit jantung tanpa menyadarinya. Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan karena itu janganlah menunggu sampai Anda sakit. Makan sehat, olahraga teratur, menyegah berat badan berlebihan, jangan merokok atau minum minuman keras, mengurangi stres, semua ini menyegah penyakit jantung.

No comments:

Post a Comment