SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Sunday, February 28, 2016

Rempah-rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan


Sebuah penelitian baru menemukan bahwa sejenis rempah-rempah, yaitu jinten, ternyata dapat membantu menurunkan berat badan.

Pada penelitian ini, para peneliti membagi peserta penelitian yang semuanya terdiri dari wanita menjadi 2 kelompok. Para peneliti kemudian meminta kelompok peserta penelitian pertama untuk mengkonsumsi 3 gram jinten yang dicampurkan ke dalam yogurt untuk makan siang dan makan malam. Sementara itu, para peserta penelitian pada kelompok kedua hnya diminta untuk mengkonsumsi yogurt saja.
Rempah-rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat BadanSelain itu, para peneliti juga meminta seluruh peserta penelitian yang berjumlah 88 orang tersebut untuk mengkonsumsi diet rendah kalori dan melakukan konseling nutrisi selama 3 bulan.
Pada akhir masa penelitian, kedua kelompok peserta penelitian ini sama-sama mengalami penurunan berat badan, di mana kelompok yang mengkonsumsi jinten mengalami penurunan berat badan sekitar 2.7 kg lebih banyak dibandingkan dengan kelompok peserta kedua.
Kelompok pertama dari para peserta penelitian ini juga mengalami penurunan indeks massa tubuh yang lebih besar, penurunan ukuran lingkar pinggang yang lebih besar, penurunan massa lemak tubuh yang lebih besar, dan penurunan kadar kolesterol yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kedua yang tidak mengkonsumsi jinten.
Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, jinten diduga juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan AGEs (advanced glycation end products) yang sangat berperan dalam terjadinya diabetes. AGEs merupakan suatu racun yang biasanya ditemukan pada makanan yang dipanggang. AGEs ini dapat memicu terjadinya stress oksidatif dan kerusakan sel serta mempercepat proses penuaan di dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment