SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Monday, February 22, 2016

Seperti Ilmu Padi, Semakin Berisi Semakin Merunduk

Istilah ini pertama kali dikasih tau dulu waktu pelajaran Bahasa Indonesia SD, waktu itu kalo ga salah kita lagi bahas tentang peribahasa, sampe gue beli bukunya cuy, rangkuman peribahasa dan artinya 😀 Disitu guru gue ngejelasin kalo kita nanti semakin dewasa, kalo ilmunya makin banyak (udah kuliah s1, s2, s3, dlsb) bakalan semakin rendah hati sama orang lain, ga bakalan ada rasa sombong terhadap orang lain, segala ilmu yang kita punya bakalan kita berikan atau ajarkan kepada yang membutuhkan. Namanya bocah SD dikasih tau sama guru ya nurut2 aja lah, mantap deh pokoknya nanti kalo dah gede harus jadi orang pinter dan banyak ilmu.
Belakangan gue teringat sama istilah peribahasa ini, gue merenungkan atau mengingat kembali tentang diri gue setelah lewat usia sweet nineteen, karena setelah usia itulah perubahan2 atau penambahan2 mulai masuk ke dalam diri gue. Diri ini ngerasa kalau udah mulai bisa ini dan bisa itu, mulai banyak bisa ngebantu / ngejawab orang yang minta tolong sama gue.

Gak berhenti sampe disitu aja, mulai deh bikin target2 yang harus gue capai, dan ketika tercapai, sakses, gol, timbul deh rasa bangga di dalam diri gue. Dari hasil2 atau karya2 yang gue buat, gue publish or kasih ke temen2 secara gratis, tapi di pengen banget diberi apresiasi berupa rasa terima kasih atau wow keren atau hebat lo bay, macam itu lah. Semakin kesini semakin belajar banyak, semakin bisa ngasih tau banyak juga ke orang lain, ngerasa diri ini semakin berisi, tapi kok berasanya bukan semakin merunduk tapi malah semakin mendongak.
Coba kita saling jujur sama diri sendiri, jujur sejujur2nya ya, ketika atau semakin kita punya banyak ilmu / kebisaan / kemampuan / keahlian, yang pertama kali kita rasakan ketika bertemu orang lain pastilah dengan bangga merasa “gue ini seorang …” “gue punya …” “gue bisa …”. Gitu kan? Jangan bohong! Walaupun di mulut bilang ngga, jauh dalam diri lo pasti merasa sombong. Sekeras apapun usaha lo buat menghilangkan rasa itu, semenolak apapun lo dengan rasa itu, pasti bakalan muncul terus.
Tipis aja deh, terkadang ketika diminta tolong oleh orang lain masalah sepele, kita menjawab
Udah tuh, lo gimana si yang kek gitu aja ga bisa
Perkataan sepele seperti itu biasanya diikuti dengan rasa menyepelekan orang juga, tipis kan? Atau karena hal yang seperti itu terkadang kita malah jadi bajingan.
Jawabannya kan uda gue tulis semua, lo tinggal nyari aja males banget si
Padahal kita bisa / ga ada salahnya jawab dengan baik
Ada disitu coy jawabannya tadi dah gue tulis 😀
Dengan fakta yang ada seperti itu, berarti semakin berisi bukannya semakin merunduk tapi malah semakin mendongak, semakin sombong. Bisa disimpulkan kalau yang membuat peribahasa itu salah. Atau memang peribahasa itu benar, tapi ilmu yang selama ini kita cari bukanlah atau belumlah ilmu padi yang benar-benar membuat kita semakin merunduk.
Suatu perenungan yang panjang buat diri gue mengenai hal ini, esensi dari ilmu padi.

No comments:

Post a Comment