SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Thursday, March 24, 2016

10 cara ampuh agar bayi Anda tidur nyenyak di malam hari. (Supaya Anda juga bisa nyenyak!)

Bayi membutuhkan kualitas tidur yang baik saat malam hari untuk tumbuh kembangnya. Lakukan 10 cara ampuh berikut ini agar bayi Anda tidur nyenyak dan dapat membentuk pola tidurnya sendiri.

  • Sleeping next to someone you love makes you fall asleep faster, reduces depression and helps you live longer. Terbayang letihnya setelah menjalani rutinitas seharian dan kemudian bisa tidur nyenyak di kasur yang empuk, suhu ruangan yang sejuk dengan bau aromaterapi favorit dan alunan lagu yang menenangkan.
    Semua bayangan itu langsung lenyap seketika, saat bayi menangis dan sulit untuk tidur lagi. Akhirnya Ibu pun harus berusaha keras untuk membuatnya tidur kembali, dari mulai menyusui, mengganti diapers, menggendong, bernyanyi, hingga meladeninya bermain.
    Pada malam hari, bayi usia di bawah 6 bulan biasanya akan terbangun 2 - 3 kali. Kebiasaan ini akan berkurang saat bayi memasuki umur 1 tahun dimana ia akan terbangun 1 - 2 kali dan berkurang lagi menjadi 1 kali disaat mendekati usia 2 tahun.
    Rutinitas malam seperti ini membuat Ibu kehilangan jam tidurnya, terutama mereka yang mengurus bayi tanpa bantuan baby sitter. Ibu menjadi stress, letih, tidak semangat saat bangun pagi, Produksi ASI bagi Ibu yang masih menyusui pun dapat berkurang karena tidak memiliki kualitas tidur yang baik.
    Tidak hanya ibu, bayi juga membutuhkan kualitas tidur yang baik untuk tumbuh kembangnya. Berikut beberapa cara ampuh agar bayi (terutama bagi yang berumur diatas 6 bulan) dapat tidur nyenyak di malam hari. Lakukanlah secara konsisten sampai bayi bisa membentuk pola tidurnya sendiri.
  • TETAPKAN JAM TIDUR ANAK

    Pastikan jam tidur bayi Anda tetapkan dan tidak berubah - ubah setiap harinya. Sabar dan berilah waktu bagi bayi Anda untuk dapat memahami kapan saatnya ia makan, bermain dan tidur.
  • AKTIVITAS SEBELUM TIDUR

    Jika memasuki jadwal tidur, ia masih ingin bermain. Lakukan aktivitas di atas tempat tidur yang dapat menstimulasinya untuk tenang dan cepat mengantuk seperti berdoa, mendongeng dan bernyanyi. Lakukan sambil tiduran dengan menepuk - nepuk pantat, mengusap punggung dan kepala atau memberinya pijatan lembut.
  • CIPTAKAN SUASANA KAMAR YANG NYAMAN

    Pindahkan semua mainan keluar kamar, sisakan satu mainan yang bisa membuatnya tenang seperti boneka kesayangannya. Ia akan mengerti bahwa kamar adalah area untuk tidur, Matikan semua barang elektronik dan pastikan kamar memiliki suhu yang sejuk dengan lampu yang temaram sehingga bayi akan merasa relax dan cepat tertidur.
    Jaga kondisi ruangan agar tidak berubah. Saat terbangun tengah malam, ia dapat melihat suasana yang sama dan akan cepat tertidur kembali. Jika Anda masih ingin melakukan berbagai aktivitas, lakukanlah di luar kamar tidur.
  • KENYANGKAN BAYI SEBELUM TIDUR

    Saat sore atau malam hari, pastikan anak Anda makan sesuai dengan porsi kenyangnya sehingga ia tidak terlalu sering bangun di malam hari. Usahakan untuk menyusui bayi sebelum tidur dan saat bayi terbangun pada tengah malam.
    Jika bayi Anda minum susu formula dengan botol. Berikan susu 30 menit sebelum tidur, untuk memastikan tidak ada susu yang tertinggal di dalam mulut dan mencegah gigi karies. Hal ini mungkin susah dilakukan saat tengah malam namun selalu berikan 1 - 2 teguk air putih setelah minum susu untuk membersihkan area gigi dan mulut.
  • ATUR JAM TIDUR SIANGNYA DAN PERBANYAK AKTIVAS

    Tetapkan berapa lama bayi Anda tidur di siang hari, contohnya 2 - 3 jam, setelah itu perbanyak aktivitasnya bermain. Tingkatkan kedekatan Anda dengan bayi sehingga ia memiliki moodyang happy dan akan terbawa hingga malam hari
    Jika ia mulai mengantuk dan bosan di sore hari, ajaklah ke luar rumah agar ia tetap terjaga. Sambil mengajaknya jalan sore, ia pun dapat mengembangkan fisik dan mentalnya dengan bertemu teman - teman sebayanya. Kebiasaan ini akan menstimulasi jam tidur malam yang lebih panjang. Saat Anda mulai mengurangi porsi jam tidurnya, lakukan secara proporsional dan bertahap.
  • HINDARI BERMAIN PADA TENGAH MALAM

    Ada masa dimana bayi Anda bangun dan ingin bermain saat tengah malam. Jika ia menangis, berikan kesempatan untuk bermain sebentar untuk mengembalikan mood-nya kembali happy. Dengan begitu, ia dapat menjadi penurut saat Anda mengarahkannya untuk kembali tidur.
  • KENAKAN BAJU TIDUR YANG NYAMAN

    Sebelum tidur, berikan contoh kebiasaan yang baik, seperti cuci tangan, kaki dan sikat gigi. Kenakan baju tidur berbahan katun sehingga ia merasa nyaman. Kebiasaan ini pun akan berlanjut hingga ia besar.
  • PERIKSA DIAPERS SECARA BERKALA DAN TOILET TRAINING

    Pilihlah popok bertekstur lembut dengan daya serap yang baik. Segera periksa diaper saat bayi Anda terbangun dan menangis. Tangisannya bisa disebabkan rasa tidak nyaman dan meminta Anda untuk menggantinya.
    Biasakan untuk melakukan toilet training dengan mengajaknya buang air kecil sebelum tidur. Lama kelamaan anak akan mengerti dengan kebiasaan tersebut. Saat ia besar dan terbangun pada tengah malam, Ia akan akan segera pergi ke kamar mandi saat ingin buang air kecil.
  • PERIKSA KONDISI TUBUHNYA

    Saat bayi Anda sering terbangun, periksa kondisi suhu tubuhnya. Jika demam tinggi, segera cek dengan termometer dan beri ia obat penurun panas.
    Selain itu bayi rentan dengan perut kembung, usapkan minyak kayu putih pada dada, perut dan punggung. Lakukan pijatan lembut pada perut dengan membentuk hati, dimulai dari area pusar menuju ke arah atas, perut bagian samping lalu kembali ke pusar. Pijatan ini dapat membantu bayi untuk membuang gas (kentut).
  • LETAKAN BAJU AYAH ATAU IBU DI DEKAT BANTALNYA

    Seorang anak memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan orang tuanya. Jika salah satu dari Anda (ayah atau Ibu) terpaksa harus pergi keluar kota dan meninggalkan bayi di rumah, letakan baju ayah atau ibu yang sudah dikenakan sebelumnya di dekat bantalnya. Aroma tubuh orang tua pada baju akan membuat bayi merasa ayah-ibunya berada di dekatnya sehingga merasa tenang dalam tidurnya sepanjang malam.
    Kenyang, rasa aman dan nyaman merupakan cara yang terbaik untuk membuat bayi tenang dan tidak rewel, sehingga ia memiliki waktu tidur malam yang lebih panjang dan tidak sering terbangun. Selamat mencoba ya bu!

No comments:

Post a Comment