SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Wednesday, March 9, 2016

Dari semua peralatan MPASI, ini yang paling Anda butuhkan

Daripada kalap mata membeli semua peralatan MPASI, sebaiknya Anda mempersiapkan budget dan gunakan secara efisien untuk membeli paralatan masak, makan dan minum bayi sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.


  • Sebagai Ibu baru, saya termasuk ibu yang well - prepared dalam menyiapkan kebutuhan bayi. Saat ia masih berumur 4 bulan, saya sibuk mencari infomasi tentang MPASI (Makanan Pendamping ASI), mulai dari bertanya kepada dokter anak, teman, membeli buku resep hinggabrowsing di social media.
    Saya pun semakin mengerti bahwa informasi peralatan MPASI yang saya peroleh tidak semua dapat digunakan dengan efisien saat menjalani MPASI. Sebelum Anda menyesal karena terlalu banyak membeli barang yang pada akhirnya tidak digunakan, lebih baik gunakan budgetsecara efisien dengan membeli peralatan dasar yang dibutuhkan dan sesuai dengan fungsinya. Yang penting, peralatan yang Anda beli aman untuk bayi dan berguna di tiap tahapan MPASI seperti:
  • PERALATAN MASAK

  • Panci bubur, mini rice cookeratau slow cooker.

    Pada awal pemberian MPASI, menu yang diberikan pada bayi bertekstur lembut seperti bubur. Anda bisa memilih panci bubur, mini rice cookeratau slow cooker.Jika Anda tidak tidak memiliki banyak waktu saat membuat bubur gunakan panci bubur atau mini rice cooker.
    Tetapi jika Anda ingin memasukan semua bahan secara bersamaan dengan teknik pemasakkan yang lama dan tidak ingin menghilangkan kandungan nutrisi dalam setiap bahannya, gunakan slow cooker. Pilihlah slow cooker yang berukuran kecil agar mudah untuk dibawa saat berpergian.
  • Food maker set

    Banyak food maker set, yang berisi peralatan lengkap MPASI . Tetapi saya memilih untuk membelinya secara terpisah agar dapat memilih peralatan yang berkualitas dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Seperti pisau, saya memiliki 3 jenis pisau berbeda untuk buah, sayur dan daging, lalu talenan, wadah untuk mencuci beras, buah dan sayuran.
  • Timbangan, sendok dan gelas takar

    Ketiga alat ini sangat dibutuhkan untuk mengukur banyaknya bahan makanan yang dibutuhkan sesuai dengan resep yang ingin Anda buat.
  • Blender, saringan ataugrinder

    Ketiga alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghaluskan makanan. Blender bisa menjadi pilihan utama menghaluskan semua bahan dengan mudah seperti buah. Jika bayi Anda menyukai teksur makanan yang sangat lembut, setelah diblender Anda dapat menghaluskan kembali menggunakan saringan atau grinder.
    Penggunaan grinder lebih mudah karena hanya memutar tuas di bagian atas dan makanan pun langsung menjadi lembut. Berbeda dengan dengan saringan dimana Anda harus menekan makanan dengan sendok untuk menghaluskannya.
  • Food Warmer dan Glass Jar.

    Pilihlah food warmerberukuran kecil. Selain untuk menghangatkan susu bayi di dalam botol, food warmerbisa digunakan untuk memanaskan makanan. Saat Anda memasak untuk beberapa porsi, masukan makanan dalam beberapa toples kaca (glass jar) dan simpan di kulkas. Saat bayi ingin makan, Anda bisa langsung memanaskan makan tersebut dan menyajikannya selagi hangat, kapan pun dan dimana pun, bahkan saat berpergian.
  • Plastic seal, food container dan plastic wrap

    Jika Anda sudah mulai memberikannya menu MPASI yang mengandung daging. Perhatikan cara menyimpannya dengan mencuci bersih daging dan dipotong dalam beberapa bagian. Masukan daging ke dalam plastic seal dengan ukuran untuk 1 kali porsi makan. Hal ini dilakukan untuk menjaga daging tetap segar karena dicairkan hanya saat Anda akan memasak. Selain plastic seal, Anda juga bisa menggunakan wadah penyimpanan makanan
    Untuk membuat stok kaldu daging, Anda bisa menaruh kaldu ke dalam cetakan es batu dan saat beku dapa Anda simpan dalam wadah plastic wrap. Lakukan hal ini agar kaldu dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • PERALATAN MASAK TAMBAHAN

    Seiring dengan bertambahnya umur bayi, Anda pun akan lebih sering bereksperimen dengan menu MPASI dan membutuhkan peralatan tambahan seperti wajan untuk menggoreng, panci kukus, grilled pan, oven, pengocok telur, parutan keju, wadah untuk mengukus atau memanggang yang berbentuk wadah besi atau alumunium foil.
  • PERALATAN MAKAN DAN MINUM

    Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih peralatan makan dan minum bayi, selain harga dan desain yang lucu, Anda harus teliti dalam memilih alat yang berkualitas dan aman. Aman berarti terdapat simbol food grade, Label BPA (Bisphenol-A) Free, Simbol PP (Polypropylene),bebas Phthalates, bebas Poly Vinil Chloride (PVC)dan kemasan masih dalam keadaan baik.
    Peralatan makan dan minum yang dibutuhkan yaitu, piring, mangkuk, sendok, garpu, kotak makan, botol minum, dan botol susu. Sedangkan peralatan tambahan yang boleh namun tidak wajib Anda beli antara lain:
    • Squeeze feeder, botol dengan sendok diujungnya.
    • Teething feeder, alat berjaring yang memudahkan bayi untuk menggenggam dan menggigit buah.
    • Termos air,vacuum food jar dan warmer bagyang menjaga minuman dan makanan tetap dingin atau tetap panas.
    • Ice gelyang dapat mempertahankan kualitas makan lebih lama.
      Ketelitian Anda dalam memilih produk peralatan masak, makan dan minum merupakan langkah awal dalam menjaga kesehatan si kecil melalui makanan dan minumannnya. Jadi tidak ada salahnya Anda mempersiapkan semua dengan baik dan disesuaikan dengan budgetAnda.

No comments:

Post a Comment