SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Saturday, March 12, 2016

Bentrok soal cara mengasuh anak dengan orangtua? Ini cara mengatasinya.

Dari tahun ke tahun, masalah pengasuhan anak menjawab tantangan yang harus dihadapi, perubahan yang harus diikuti dan disadari. Tak jarang inilah yang menjadi perdebatan antara orang tua jaman dulu dan jaman sekarang.

  • Dari masa ke masa ilmu pengasuhan anak terus berkembang. Globalisasi dan perubahan jaman, kemajuan teknologi dan terobosan baru di bidang kesehatan anak, pengasuhan, psikologi dan lainnya juga memberi kontribusi yang membuat pola pengasuhan tidak bisa diterapkan sama di tiap jaman. Ada tantangan yang harus dihadapi, ada perubahan yang harus diikuti dan perbedaan yang harus disadari. Tak jarang inilah yang menjadi perdebatan antara orang tua generasi dulu dan sekarang.
    Tidak perlu mencari contoh yang jauh, antara kita dengan orangtua kita sendiri pun tentu memiliki pemahaman yang berbeda dalam pengasuhan dan tidak jarang memunculkan beda pendapat yang berujung pada konflik. Orangtua merasa lebih berpengalaman karena lebih dahulu menerapkan pengasuhan anak, dan kita yang menjadi orang tua jaman modern dengan segala bekal ilmu yang didapatkan dari buku dan internet.
    Apa yang bisa kita lakukan ketika terjadi konflik dengan orang tua akibat perbedaan cara pengasuhan anak?
  • Dengarkan pendapat mereka dan tidak membantah saat itu juga

    Diam terkadang lebih aman, daripada harus mendebat. Perdebatan seringkali justru berujung pada dua belah pihak yang tersakiti. Anda yang merasa tidak didengarkan pendapatnya, dan orang tua yang merasa tidak dihormati.
    Pilihlah momen yang tepat untuk mengutarakan dan menjelaskan cara pengasuhan kita kepada orang tua
    Jika kita memang ingin meluruskan maksud dan tujuan kita. Pilihlah waktu di mana mood orang tua sedang enak untuk diajak bicara dan bertukar pikiran agar ketegangan akibat perbedaan pendapat dapat dicairkan kembali.
  • Jika cara kita salah, berlapang dadalah menerima itu sebagai masukan

    Ada kalanya pendapat kita tidak selalu benar. Saat itu terjadi, terimalah kesalahan Anda dan berlapang dadalah menerima masukan dari orang tua. Toh apa yang diajarkan adalah sesuatu yang baik untuk buah hati Anda.
  • Buktikan dengan perbuatan dan hasil yang baik, sesuai dengan cara kita

    Tak perlu banyak bicara untuk meyakinkan orang tua bahwa Anda mampu mendidik anak dengan cara sendiri. Tunjukkan dengan prestasi dan bukti bahwa apa yang Anda yakini selama ini mampu diterapkan kepada anak-anak dengan baik. Dengan begitu orang tua akan percaya bahwa cara pengasuhan kita dapat diterima.
  • Jika masih terjadi perdebatan, diam dan mengalahlah

    Lagi-lagi, saat sudah mengalami perdebatan yang dead-lock,diam adalah solusi terbaik. Anda mungkin sudah melakukan segala hal dengan baik-baik, bukti juga sudah diberikan, namun tetap masih ada perdebatan. Satu-satunya cara adalah diam, tidak membantah, dan tetap instrospeksi diri dengan kemampuan pengasuhan yang kita miliki.
  • Tidak membenci mereka karena perbedaan cara pengasuhan

    Anggaplah perdebatan Anda dan orang tua sebagai cara untuk menambah khasanah Anda dalam hal ilmu pengasuhan. Tetap dengarkan masukan-masukan yang diberikan oleh orang tua, walau banyak yang bertentangan dengan Anda. Belum tentu apa yang diajarkan adalah sesuatu yang salah.
    Bagaimanapun tipe pengasuhan Anda dan orang tua yang berseberangan, pada intinya semua ingin yang terbaik untuk anak Anda. Cucu kesayangan mereka. Terimalah masukan orang tua sebagai salah satu upaya mereka menunjukkan cintanya kepada anak Anda.

No comments:

Post a Comment