SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA http://warta-wirti.blogspot.co.id/ TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG by ALEXYNET

Tuesday, March 15, 2016

5 trik mendeteksi kebohongan, termasuk yang dilakukan oleh pasangan Anda

Anda mungkin sering kesulitan mendeteksi kebohongan yang dilakukan oleh pasangan, dan kerap merasa kecewa telah dibodohi. Cermati beberapa hal di bawah untuk dapat mengenali sebuah kebohongan.


  • Siapa sih yang suka dibohongi? Diberi janji-janji manis dan mendengar banyak hal berisi lebih banyak kebohongan daripada kebenaran. Sering mendengarkan ini dari pasangan Anda dan merasa kecewa?
    Anda mungkin sering kebingungan mendeteksi kebohongan yang dilakukan lawan bicara Anda, sehingga sering kali Anda merasa kecewa dan dibodohi karena tertipu. Tahukah Anda ada trik tertentu untuk mengenali bahasa tubuh lawan bicara saat mereka sedang berbohong atau tidak. Berikut di antaranya.
  • Amati gerakan tangannya

    Orang yang sedang berbohong biasanya melakukan gerakan tangan janggal saat berbicara. Perhatikan jika lawan bicara Anda melakukan gerakan tangan yang terlalu banyak atau malah menyembunyikan tangannya di saku celana atau di belakang punggung. Jika Anda menemukan pasangan Anda melakukan hal tersebut, Anda boleh menaruh curiga pada kata-katanya.
  • Gerakan mata

    Orang yang berbohong cenderung menghindari kontak mata berlebih dengan lawan bicaranya. Anda tentu sering mendengar istilah mata sebagai jendela hati. Melalui mata, Anda dapat mendeteksi apakah seorang sedang berbohong atau tidak. Begitu pula jika ia lebih sering menggerakan matanya ke sebelah kiri atau sering berkedip.
  • Gerak tangan ke bagian wajah

    Orang yang sedang berbohong akan lebih banyak menggerakan tangan secara bergantian menyentuh bibir dan menggosok-gosokan ke hidung guna menutupi mulutnya saat berbicara.
  • Intonasi suara dan alur ucapan

    Jika sedang mengucapkan kebohongan, sering kali intonasi suara seseorang menjadi sedikit meninggi dan sesekali tidak beraturan. Perhatikan juga jika mereka terlalu banyak menjelaskan detail dan bertele-tele dari poin pembicaraan. Selain itu, sering kali mereka juga mudah tersinggung dan bereaksi berlebihan terhadap pertanyaan sederhana yang Anda ajukan. Ritme berbicaranya bisa cenderung lebih cepat atau cenderung lebih lambat, menolak menjawab pertanyaan yang menjurus, serta selalu mengulang kalimat yang sama.
  • Bahasa tubuh keseluruhan

    Orang yang berbohong kerap kali melakukan gerakan-gerakan tubuh yang tampak aneh saat percakapan terjadi. Seperti contoh, memperbaiki kerah baju yang tidak berantakan, menggaruk-garuk leher secara tiba-tiba, ataupun menyilangkan kedua tangan di depan dada saat sedang berbicara.
    Amati jika pasangan Anda melakukan hal-hal di atas. Jangan terburu-buru untuk langsung menuduhnya berbohong. giring dia kepada pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan hingga ia tidak mampu lagi mengarang kebohongan. Langsung menuduh pasangan/orang lain berbohong hanya akan membuat lawan bicara Anda tersebut lebih defensif dan marah terhadap Anda namun tidak menyelesaikan masalahnya.

No comments:

Post a Comment